Riset Pemasaran

Mungkin banyak Dari kita mendengar kata riset sebagai bentuk penelitian yang dikerjakan oleh seseorang atau sekelompok orang mengenai hal tertentu yang dikaji. Pada dasarnya, riset ini juga memiliki pola kegiatan yang sama dengan penelitian pada umumnya. Riset pemasaran merupakan suatu bentuk perencanaan, pengumpulan, penganalisaan dan pelaporan data mengenai masalah yang berhubungan dengan bilang pemasaran.

Jadi, riset pemasaran atau marketing research adalah sebuah keliatan penelitian dibidang pemasaran. Riset ini mirip dengan penelitian lainnya, yaitu dilakukan yang dilakukan secara sistematis, dimulai Dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interprestasi hasil penelitian.

Setelah mengetahui definisi dan pengertiannya, maka tidal heran apabila banyak perusahaan melakukan riset ini. Riset pasar menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis karena melalui riset ini perusahaan akan mengetahui apa saja yang diperlukan oleh pasar atau masyarakat. 

Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, maka perusahaan dapat membuat produk ataupun Jasa yang sesuai dengan pasar. Riset pemasaran juga dapat membantu perusahaan mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk atau Jasa, yang ditawarkan apakah mereka yang masih bersekolah atau mereka yang masih kuliah atau bahkan mereka yang sudah bekerja. 

Riset pasar ini juga dapat membantu perusahaan untuk menidentifikasi dimana produk atau Jasa tersebut dibutuhkan. Dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan pada konsumen.

Berikut adalah tujuan mengapa diperlukan riset pemasaran, yaitu : 

a. Memperoleh informasi akurat dan sesuai dengan pasar.

b. Menghemat waktu bagi manager untuk mengambil keputusan.

c. Membantu marketing.

d. Bebas Dari pengaruh kepentingan pribadi

e. Perkembangan pasar atau konsumen sangat cepat

Klasifikasi riset pemasaran

1. Riset untuk identifikasi masalah

     a. Riset potensi pasar

      b. Riset pangsa pasar

      c. Riset kesana

      d. Riset karakteristik pasar

      e. Riset mengenai penjualan

       f. Riset trend bisnis

2. Riset untuk pemecahan masalah

       a. Riset segment as I

       b. Riset produk 

       c. Riset harga

       d. Riset promosi

       e. Riset distribusi

Proses riset pemasaran

1. Penentuan masalah

2. Merumuskan kerangka teori

3. Formulasi design riset

4. Kegiatan lapangan dan pengumpulan data

5. Persiapan dan analisis data

6. Pembuatan laporan dan presentasi

Leave a comment