Manajemen E-Business

pic 2 materi kuliah

  1. Pengertian Manajemen

  Manajemen adalah suatu proses atau kerangka yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan organisasi atau maksud – maksud nyata.

Menurut James A.F. Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Menurut R.w. Griffin (1997:5-6), manajemen adalah serangkaian kegiatan termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian yang diarahkan pada sumber daya organisasi yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.

Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Menurut definisi ini, manajer mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaanya.

Luther Gullick mendefiniskan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

Sekalipun sampai sekarang belum ada kesepakatan universal mengenai definisi manajemen, kita dapat mendefinisikan manajemen secara lebih sederhana dimana, manajemen adalah bagaimana manajer menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk ,encapai tujuan. Bagaiaman manajer memilih tujuan yang tepat melalui serangkian proises pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan yang tepat melalui serangkaian proses pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara efektif merupakan sejauh mana personil yang ada melakukan pekerjaannya dengan benar melalui serangkaian kegiatan pengawasan yang sistematis dan berkesinambungan.

Manajemen kontempotrer menyatakan bahwa manajemen mempunyai tiga Karakteristik utama yaitu :

         1. Manajemen merupakan sebuah proses atau serangkaian kegiatan               

             saling berkaitan dan berkelanjutan.

         2. Manajemen menyangkut dan memusatkan bagaimana mencapai  

             tujuan organisasi.

3. Dalam mencapai tujuannya, manajemen melakukan pekerjaan bersama,

             melalui orang dan sumber daya organisasi lainnya.

untuk wp 1

untuk wp 2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s